Kamis, 20 September 2012

Konsep Diri

Categories:


UKD 1 Human Relation (Konsep Diri)



Dalam 3 tahun kedepan, saya mempunyai cita-cita menjadi seorang pegawai Bank milik Pemerintah. Untuk mewujudkan sebuah cita-cita itu dibutuhkan evaluasi, serta harus mempunyai konsep diri yang harus digali, dibangun  untuk dapat meraihnya. Dan untuk menyusun konsep diri, kita harus mengetahui kekuatan, kelebihan, kekurangan, kesempatan, dan kendala yang ada pada diri kita. Kekuatan dan kelemahan yang saya miliki (yang saya tulis dibawah) tidak hanya menurut pendapat saya, namun juga menurut pendapat dari orang-orang yang mengenal saya seperti orang tua, saudara dan kawan-kawan.

   a.  Strength (Kekuatan)
        Kekuatan atau kelebihan yang saya memiliki :
    - Disiplin terhadap waktu
    - Pantang menyerah jika terjadi kesulitan
    - Rasa ingin tahu yang tinggi
    - Suka dengan soal yang berkaitan dengan angka dan logika
    - Berpenampilan menarik
    - Ramah kepada semua orang

    b.  Weakness (Kelemahan)
       Selain kelebihan di atas, saya juga memiliki kekurangan diantaranya :
   - Kurang aktif dalam kegiatan
   - Ragu – ragu dalam mengambil keputusan.
   - Kurang percaya diri jika bicara di depan umum
   - Lemah dalam bahasa Inggris
   - Kurang teliti dalam mengerjakan sesuatu
   - Ceroboh

    c.  Opportunity (Kesempatan)
            Kesempatan dari dalam :
         - Dukungan dari orang tua yang menginginkan kerja di Bank

       Kesempatan dari luar :
     - Perluasan sektor perbankan

    d. Threath (Kendala)
      Kendala pasti akan dijumpai di setiap akan mencapai sesuatu. kendala-kendala itu berasal dari diri sendiri (intern) dan kendala dari luar (ekstern)

      Kendala yang berasal dari diri sendiri :
     - Weakness (Kelemahan) yang saya gambarkan diatas.

      Kendala yang berasal dari luar :
   - Kuota rekruitmen tidak tetap, tapi lebih mengutamakan outsourcing/kontrak
   - Meningkatnya persaingan diantara lulusan sarjana
   - Tidak setiap tahun ada perekruitan pegawai
   - Merebaknya KKN di semua bidang (Perekruitan pegawai terselubung)
   

Evaluasi untuk mewujudkanya :

      Untuk mewujudkanya dibutuhkan cara atau proses evaluasi agar dapat berjalan sesuai dengan konsep yang dibuat. Langkah yang akan saya ambil belajar dari kekurangan yang ada.
     Untuk menjadi pegawai bank, saya harus mendalami hal yang berkaitan dengan berhitung, ketelitian, dan belajar menggunakan bahasa Inggris mulai saat ini untuk mengasah kemampuan komunikasi saya dalam bahasa inggrisSelain itu untuk menunjang keberhasilan dibutukan kerja keras, pantang menyerah dan bersungguh sungguh.


Konsep Diri Teman

Nama teman yang saya pilih adalah Rendy jurusan Pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Dalam 3 tahun ke depan, ia ingin menjadi guru (pegawai negeri).

      a.    Strength (Kekuatan)
     Kekuatan atau kelebihan yang dimiliki teman saya adalah
     -   Kemampuan berbicara dan berkomunikasi.
     -   Memiliki soft skill yaitu di bidang kreatifitas
     -   Percaya diri
     -   Mudah beradaptasi dengan lingkungan
     -   Humoris, menyenangkan

      b.   Weakness (Kelemahan)
            -   Susah mengambil keputusan dengan cepat
            -   Kurang bisa membagi waktu
            -   Lebih mementingkan ego sendiri
          

      c.    Opportunity (Kesempatan)
             -   Dukungan dari orang tua yang membuat dia termotivasi untuk mewujudkan mimpinya (Intern)
      -    Rekruitmen PNS setiap tahun (Ekstern)

d.   Threath (Kendala)
     Kendala – kendala yang dihadapinya adalahkurang bisa membagi waktu. selain itu kendala untuk dapat menjadi pegawai negeri adalah persaingan yang begitu ketat sedangkan kuota penerimaan pegawai terbatas.

Terimakasih


                                                                                                Yours sincerely,

          Yoga Dwi Wibowo




Spread The Love, Share Our Article

Related Posts

3 Response to Konsep Diri

23 September 2012 pukul 02.16

good job

23 September 2012 pukul 05.49

hehehe... perasaan kemarin udah buka post ini, klewatan kali ya..

23 September 2012 pukul 05.58

ohh iya, kemarin nggak bisa comment...:)

Great post!!

Posting Komentar